Kamis, 28 Agustus 2008

AKU INGIN TAHU

Aku tak tertarik pada apa mata pencarianmu,
Aku ingin tahu apa yang kau dambakan,
Dan apakah kau berani mengimpikan bertemu dengan pujaan hatimu

Aku tak tertarik pada planet apa yang menempati bulanmu,
Aku ingin tahu apakah kau berani menyentuh pusat dukamu,
Tanpa layu oleh pengkhianatan,
Tanpa pudar oleh penyakit,
Aku ingin tahu apakah kau bisa duduk bersama rasa nyeri,
Apakah kau bisa menari dengan alam liar,
Dan membiarkan keriangan mengisimu hingga ujung jemari kaki.

Aku tak tertarik apakah cerita yang kaukisahkan benar,
Aku ingin tahu apakah kau berani jujur,
Tidak mengkhianati jiwamu sendiri,
Tetap setia,
Dapat dipercaya,
Aku ingin tahu apakah kau berani hidup dengan kegagalan,
Tanpa terjebak dalam kepedihan mendangkal,
Tanpa menghojat Tuhan,
Tanpa mencaci sesama,
Tanpa merintih meminta belas kasihan,
Tetapi niscaya mendulang rasa syukur,
Tersenyum melihat fajar keindahan.

Aku tak tertarik pada tempat tinggalmu,
Atau berapa banyak harta yang kau miliki,
Aku ingin tahu apakah kau bisa bangkit
Setelah semalam berduka dan merana,
Setelah Lelah dan babak belur.




Aku tak tertarik pada siapa dirimu,
Dan dari maka kau berasal,
Aku ingin tahu apakah kau sanggup berdiri
di tengah kobaran api kehidupan,
tanpa mundur teratur.

Aku tidak tertarik pada gelar akademismu,
Aku ingin tahu pondasi apa yang menyokong hatimu,
Aku ingin tahu apakah kau berani sendirian bersama dirimu,
Aku ingin tahu apakah kau setia pada teman di saat-saat hampa.

Aku tak tertarik pada berapa usiamu,
Aku ingin tahu apakah kau mau mengambil resiko,
Terlihat bodoh demi cinta,
Terlihat hina demi cita-cita,
Terlihat Menderita demi hidup sepenuhnya.

Puisi ini saya sadur secara bebas dari
“Danah Zohar dan Ian Marshal, SQ”


1 komentar:

  1. Puisi'ne tak tunggu lo mo....http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/4.gif

    BalasHapus